Sunday, May 18, 2014

Rahasia sukses menjadi investor properti (real estate)



Berinvestasi di dunia properti (real estate) memang sangat menggiurkan. Perkembangan properti yang sangat pesat yang disebabkan oleh tingginya angka perkembangan penduduk, membuat dunia properti sangat diminati oleh berbagai investor saat ini. Bagi anda yang berkeinginan untuk berinvestasi di dunia properti, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan untuk mempersiapkan diri anda sehingga menjadi investor properti yang sukses:

http://bisnis-properti-indonesia.blogspot.com/2014/05/sukses-menjadi-investor-properti.html

Tips # 1: Buat rencana permainan investasi anda
Tentukan apa yang ingin anda capai dan uraikan langkah-langkah yang harus anda ambil untuk sampai disana. Siapa yang akan terlibat? Bagaimana cara anda untuk dapat bekerja sama dengan mereka? Berapa banyak waktu yang anda perlukan? Kapan waktu yang tepat itu? Berapa biayanya? Dan bagaimana anda mendapatkan modal uang tersebut? Apa resiko yang akan terjadi? Dan bagaimana anda akan mengatasinya?
Rencana-rencana seperti ini akan menjadi panduan anda setiap hari, sehingga anda dapat melangkah ke tahap berikutnya dengan baik dan benar.

Tips # 2 : Miliki seorang ahli yang dapat meninjau rencana anda
Rencana investasi properti anda mungkin sangat baik, namun untuk mendapat rencana investasi yang lebih baik dengan biaya dan waktu yang lebih efektif, anda perlu orang lain yang memang ahli dalam merencanakan semua itu.

Jika anda benar-benar ingin menjadi investor properti yang sukses, duduklah bersama-sama dengan orang ahli tersebut, dan dengan masukan-masukannya buatlah rencana yang lebih baik dengan tujuan yang lebih realistis.

Tips # 3 : Jangan menyerah
Kehidupan seorang investor tidak hanya mengalami keuntungan, terkadang mereka mengalami kerugian besar yang dapat memaksa mereka untuk menyerah dan tidak mencobanya lagi. Namun jika anda ingin sukses sebagai investor properti, yang perlu anda lakukan adalah tidak menyerah meskipun saat itu anda berada pada titik terendah.

Ingat # 1 kunci untuk sukses adalah “tidak menyerah”. Bahkan orang yang bodoh pun akhirnya akan berhasil jika ia tidak pernah menyerah.

Tips # 4 : Lakukan langkah-langkah kecil
Ketika anda memutuskan semuanya, seperti tujuan yang besar, mimpi yang besar, dan rencana yang besar, untuk mencapai itu semua yang anda perlukan adalah tidak lebih dari langkah-langkah kecil. Jadi jangan pernah mengatakan bahwa upaya-upaya kecil yang telah anda lakukan hari ini tidak banyak berarti. Justru sebaliknya upaya-upaya kecil atau langkah-langkah kecil yang telah anda lakukan tersebut adalah segalanya, yang akan menentukan kesuksesan anda kedepannya. Ingat # pepatah cina : “perjalanan seribu li dimulai dari satu langkah kecil”.

Tips # 5 : Menjadi nyaman dengan ketidaknyamanan
Ada sedikit cerita dari investor properti yang sukses. Beliau mengatakan kegugupannya saat pertama kali ia menghadiri acara pertemuan investasi properti (real estate). Pada saat itu dia sangat takut keliru mengatakan hal-hal bodoh, dan bertanya-tanya pada dirinya sendiri, apakah aku benar-benar harus masuk ke acara tersebut? Dan akhirnya dia memaksakan diri untuk masuk dan menjumpai investor-investor yang berusia kira-kira 40 atau 50 tahun, sementara dirinya masih berumur 22 tahun. Beliau mengatakan pada saat itu yang dia rasakan memang ketidaknyamanan, tetapi setelah beliau menghadiri pertemuan yang ketiga, ia menjadi nyaman dengan orang banyak. Beliau juga mengatakan “seandainya saya berhenti setelah pertemuan yang pertama, saya mungkin tidak sukses membeli begitu banyak properti seperti sekarang ini”.

Dari cerita diatas kita bisa belajar bahwa kunci untuk sukses adalah tetap bertahan meskipun dalam situasi yang tidak nyaman sampai akhirnya mereka berubah menjadi nyaman. Ini adalah saat dimana pertumbuhan benar-benar sedang terjadi.

Tips # 6 : Apa yang anda katakan adalah apa yang anda lakukan
Sebagai investor properti, reputasi anda adalah segalanya. Di dalam dunia investasi properti diperlukan kejujuran dan kepercayaan. Jika anda mengatakan dan menyetujui akan membeli sebuah properti dengan harga tertentu, maka anda harus membeli properti itu dengan harga yang telah anda setujui tersebut. Jika tidak nama anda akhirnya akan menjadi lumpur, dan masuk ke daftar hitam sebagai orang yang tidak dapat di percaya lagi. Dan akan banyak orang, pebisnis, atau investor yang tidak percaya dengan omongan anda.

Tips # 7 : Tepat waktu
Anda harus hadir tepat waktu saat mengadakan perjanjian dengan investor lain, kontraktor, atau siapapun itu. Hindari datang terlambat karena jika anda hadir terlambat, maka seolah-olah anda menunjukkan kepada mereka bahwa anda tidak menghargai waktu mereka. Bagi sebagian orang waktu jauh lebih berharga bila dibandingkan dengan uang. Uang mungkin bisa diganti tapi waktu tidak bisa.

Seorang investor yang datang terlambat akan kehilangan kredibilitasnya dimata investor atau pebisnis lain. Selain itu, disisi lain seorang investor yang datang lebih awal akan membuat rekan bisnisnya tersenyum bahagia karena merasa dihargai dan akan membuat hasil pertemuan tersebut menjadi win – win.  

Tips # 8 : Hilangkan kegiatan tertentu
Kembali ke tips yang pertama, untuk membuat rencana permainan investasi, anda harus menghilangkan beberapa kegiatan tertentu anda. Hal ini perlu dilakukan agar anda lebih fokus dengan rencana-rencana anda. Kegiatan-kegiatan apa saja yang perlu dihapus atau dihilangkan? Mungkin seperti waktu menonton TV, waktu berkumpul dengan sahabat, dan lain sebagainya. Ini mungkin menjadi beberapa pengorbanan sulit yang harus anda lakukan, karena anda harus menyadari bahwa anda adalah orang yang sangat sibuk saat ini. namun tenang saja ini adalah pengorbanan yang sementara, anda bisa melanjutkan kegiatan anda seperti semula setelah anda bebas secara finansial dengan investasi properti anda.

Semoga tips-tipsnya bisa bermanfaat. Baca juga tips memilih properti di indonesia.

0 comments:

Post a Comment