Friday, July 18, 2014

Cara berinvestasi properti agar berhasil dan menguntungkan



Investasi dalam properti berarti investasi dalam bentuk tanah atau bangunan. Keuntungan yang bisa didapat dari properti ada dua, yaitu bila anda menyewakan properti tersebut ke pihak lain sehingga anda mendapatkan uang sewa, dan bila anda menjual properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi dibanding ketika anda membelinya.

http://bisnis-properti-indonesia.blogspot.com/2014/07/cara-berinvestasi-properti.html
Keuntungan yang dihasilkan dalam berinvestasi di properti memang sangat berlipat – lipat dan menggiurkan. Namun investasi di sektor properti juga memiliki banyak resiko. Oleh karena itu bagi anda yang ingin berinvestasi di sektor properti ini harus mampu mengenali atau mengetahui potensi resiko yang akan anda hadapi, sehingga anda tidak tersesat dengan kesalahan pembelian obyek, keuangan, dan momentum. Pakar properti amerika, Leonard Baron memberikan tips dan saran bagaimana cara agar investasi di properti bisa menghasilkan keuntungan, berikut ini tipsnya:

  •  Mengerti keuangan

Seorang investor properti harus mengerti keuangan. Dalam setiap pembelian seorang investor properti harus memastikan bahwa keputusan untuk membeli properti tersebut adalah keputusan yang cerdas. Investor properti harus mengetahui properti mana yang bisa menghasilkan arus kas positif dan arus kas negatif. Dan investor properti harus bisa menghindari pembelian properti dengan arus kas negatif.

  •  Belilah properti yang berkondisi baik

Mungkin hal ini tidak menjadi masalah bagi investor properti yang cerdas dan berpengalaman. Karena investor properti yang cerdas dapat melihat keuntungan dan mendapatkannya dalam properti yang jelek sekalipun. Mereka membeli properti, lalu memperbaikinya, dan menjual properti tersebut kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi sehingga menghasilkan keuntungan. Namun bagi investor yang awam, kemungkinan terburuk adalah kehilangan banyak uang. Oleh karena itu, bagi anda yang masih awam, belilah properti yang berkondisi baik.

  •  Pendanaan jangka panjang yang aman

Ambil pendanaan jangka panjang dengan suku bunga tetap untuk membiayai sebuah properti. Cobalah melakukan hanya satu pembiayaan untuk satu pembelian dan menikmati ketenangan pikiran. Dengan begini anda tidak perlu khawatir dengan perubahan suku bungan di masa depan.

  •  Meninjau semua dokumen

Semua pembeli harus meninjau segala hal yang terkait dengan dokumentasi properti, seperti asuransi. Jadwalkan satu jam untuk agen asuransi mengurus semua hal dengan rinci sehingga anda dapat mengatasi masalah apapun sebelum aksi beli.

  •  Properti dan asuransi

Pilihlah asuransi yang tepat untuk melindungi properti anda dari keadaan tertentu. Anda harus berbincang dengan agen asuransi dan mendiskusikan gambaran keuangan dan kelengkapan asuransi, sehingga bila sesuatu terjadi seperti banjir, atau kebakaran, perusahaan asuransi dapat mengurangi dampaknya terhadap keuangan anda secara signifikan.

  •  Mengelola properti dengan baik

Anda harus bisa mengelola properti anda dengan baik. Jika anda berniat untuk menyewakan properti tersebut, pastikan anda mendapatkan penyewa yang baik yang bisa menjaga properti anda dalam keadaan tetap baik. Perlakukanlah penyewa dengan baik, jika ada keluhan atasilah dengan segera.

0 comments:

Post a Comment